Minggu, 09 Oktober 2011

Tugas 2

PT.MAKANAN SEHAT adalah sebuah perusahaan yang memasarkan produk -produk makanan kesehatan milik perusahaan besar di Jakarta, yang khusus memproduksi produk-produk berkualitas tinggi yang berasal tanaman herbal. Sistem pemasaran produk mempergunakan sistem pemasaran jaringan atau multilevel marketing .
Tentang Marketing Plan  
PT MAKANAN SEHAT adalah sebuah perusahaan multilevel marketing di Indonesia yang pertama sekali membuat terobosan terbaru di sistem marketing plan yang berpihak kepada anggota, yaitu :
ü  Sistem pembayaran tambah bonus setiap hari
ü  Jenis dan perhitungan bonus yang sederhana
ü  Pemberian bonus yang cukup besar
ü  Memberi kemudahan dalam bekerja kepada anggota.
Dengan memberi kelebihan pada sistem marketing plan akan memudahkan peluang seluruh anggotanya untuk menuju kesuksesan, mengembangkan jaringan dengan kecepatan pembayaran serta mampu mengatasi trauma masyarakat pada sistem multilevel marketing yang mempergunakan tutup poin. PT.MAKANAN SEHAT  memberlakukan belanja ulang cicilan otomatis, belanja ulang terjadi jika seorang anggota memperoleh bonus.


Tugas 2

PT.MAKANAN SEHAT adalah sebuah perusahaan yang memasarkan produk -produk makanan kesehatan milik perusahaan besar di Jakarta, yang khusus memproduksi produk-produk berkualitas tinggi yang berasal tanaman herbal. Sistem pemasaran produk mempergunakan sistem pemasaran jaringan atau multilevel marketing .
Tentang Marketing Plan  
PT MAKANAN SEHAT adalah sebuah perusahaan multilevel marketing di Indonesia yang pertama sekali membuat terobosan terbaru di sistem marketing plan yang berpihak kepada anggota, yaitu :
ü  Sistem pembayaran tambah bonus setiap hari
ü  Jenis dan perhitungan bonus yang sederhana
ü  Pemberian bonus yang cukup besar
ü  Memberi kemudahan dalam bekerja kepada anggota.
Dengan memberi kelebihan pada sistem marketing plan akan memudahkan peluang seluruh anggotanya untuk menuju kesuksesan, mengembangkan jaringan dengan kecepatan pembayaran serta mampu mengatasi trauma masyarakat pada sistem multilevel marketing yang mempergunakan tutup poin. PT.MAKANAN SEHAT  memberlakukan belanja ulang cicilan otomatis, belanja ulang terjadi jika seorang anggota memperoleh bonus.


PT.MANOHARA ASRI

PT.MANOHARA ASRI

TUGAS 1

 

SEJARAH PT. MANOHARA ASRI

PT. Manohara Asri didirikan pada tanggal 8 November 1995 oleh Bapak SinggihGunawan dan Bapak Soedomo Mergonoto di Kawasan Sepanjang Sidoarjo.Perusahaan ini merupakan anak perusahaan dari PT. Santos Jaya Abadi yang dirintisoleh Bapak Go Soe Lot. Status Kepemilikan perusahaan sejak berdiri sampaisekarang adalah perusahaan keluarga, dengan manajemen perusahaan yang dikelolasecara professional.PT. Santos Jaya Abadi yang pada mulanya masih merupakan industry rumahandengan memproduksi kopi, kemudian berkembang pesat menjadi industry besar.Sejalan dengan makin pesatnya industri kopi ini, menimbulkan keinginan BapakSinggih Gunawan dan Bapak Soedomo Mergonoto sebagai penerus bisnis keluargauntuk mengembangkan usaha di bidang snack atau makanan ringan. Baik BapakSinggih Gunawan maupun Bapak Soedomo Mergonoto melihat adanya peluang yangbaik dalam bisnis makanan ringan ini.

PT. Manohara Asri hingga saat ini telah meluncurkan dua merek untuk jenis snack yaitu Kenji dan Criux, dan satu merek untuk jenis Kacang Jepang yaitu Mayasi.Kacang Jepang Mayasi mulai diluncurkan pada bulan September 1997, dengan rasadan teknik produksi yang berbeda dari produk kacang dalam negeri lainya. Idepemasaran produk-produk ini diawali dari seringnya pimpinan perusahaan Ini mengunjungi Negara Jepang untuk mencari produk-produk yang belum ada diIndonesia untuk diproduksi dan disesuaikan dengan selera masyarakat.

 

STRUKTUR ORGANISASI

Peranan organisasi dalam suatu perusahaan mempunyai arti penting bagikelancaran kegiatan perusahaan dengan adanya pembagian tugas, wewenang, dantanggung jawab yang jelas dari para personil dalam perusahaan.PT. Manohara Asri memiliki 90 orang staff kantor dan 450 orang buruh harian.Pembagian tugas dan wewenang masing-masing bagian dapat dilihat dengan jelaspada struktur organisasi berikut ini :

Pembagian tugas dan wewenang dari masing-masing jabatan padamasingmasing departemen secara garis besar adalah sebagai berikut:

1. Director 

a. Bertanggung jawab atas kelangsungan hidup perusahaan dan menentukankebijakan perusahaan.

2. General Manager 

a. Bertanggung jawab atas kelangsungan hidup perusahaan dan menentukankebijaksanaan perusahaan.

b. Memberikan perintah kepada para manajer di bawahnya serta mengadakanpengawasan.

3. Production Department

a. Membuat order produksi, yaitu membuat campuran menurut perbandingantertentu antara bahan baku penolong untuk dijadikan adonan.

b. Bertanggung jawab terhadap produk yang dihasilkan.

c. Bertanggung jawab atas tersedianya bahan mentah dan bahan penolong yangdibutuhkan untuk proses produksi, maupun barang jadi yang sudah ada.

4. FAA Department

a. Bertanggung jawab atas seluruh sirkulasi keuangan di perusahaan

b. Membuat laporan keuangan perusahaan dan menyelenggarakan pencatatanyang terkoordinasi dan akurat terhadap semua transaksi perusahaan danmelakukan perhitungan yang mendukung

c. Melakukan kegiatan akuntansi dan pembukuan sebagai dasar pengambilankeputusan dan evaluasi pelaksanaan kebijaksanaan perusahaan.

5.Marketing Department

a. Bertanggung jawab terhadap perencanaan tahunan strategi-strategiperusahaan sejalan dengan target yang telah ditentukan perusahaan.

b. Menggerakkan organisasi pemasaran yang ada pada seluruh bagian dariorganisasi pemasaran.

c. Membuat anggaran promosi dan melaksanakan kegiatan promosi.

6. Sales Department

a. Menetapkan kebijaksanaan penjualan.

b. Menerima dan mengawasi semua pesanan.

c. Membuat catatan mengenai pesanan yang diterima dan mengikutipengiriman untuk dapat mengetahui pesanan yang belum dipenuhi.

d. Mengadakan hubungan dengan pelanggan.e. Memperhatikan keadaan pasar dan perkembangan dari produk yang sejenis.

8.HRD Departement

a. Mengatur hal-hal yang berhubungan dengan perburuhan

b. Mengatur dan memelihara kesejahteraan para pegawai.

c. Melakukan penilaian terhadap prestasi karyawan sebagai dasar untukpromosi, mutasi, dan lainnya.

9. Research and Development Department

a. Bertanggung jawab atas hasil-hasil penelitian dan data-data.

b. Bertanggung jawab atas penggunaan anggaran riset yang telah ditetapkansecara efektif dan efisien.

Pembagian tugas dan wewenang dari masing-masing jabatan padamasingmasing departemen secara garis besar adalah sebagai berikut:

1. Director 

a. Bertanggung jawab atas kelangsungan hidup perusahaan dan menentukankebijakan perusahaan.

2. General Manager 

a. Bertanggung jawab atas kelangsungan hidup perusahaan dan menentukankebijaksanaan perusahaan.

b. Memberikan perintah kepada para manajer di bawahnya serta mengadakanpengawasan.

3. Production Department

a. Membuat order produksi, yaitu membuat campuran menurut perbandingantertentu antara bahan baku penolong untuk dijadikan adonan.

b. Bertanggung jawab terhadap produk yang dihasilkan.

c. Bertanggung jawab atas tersedianya bahan mentah dan bahan penolong yangdibutuhkan untuk proses produksi, maupun barang jadi yang sudah ada.

4. FAA Department

a. Bertanggung jawab atas seluruh sirkulasi keuangan di perusahaan

b. Membuat laporan keuangan perusahaan dan menyelenggarakan pencatatanyang terkoordinasi dan akurat terhadap semua transaksi perusahaan danmelakukan perhitungan yang mendukung

c. Melakukan kegiatan akuntansi dan pembukuan sebagai dasar pengambilankeputusan dan evaluasi pelaksanaan kebijaksanaan perusahaan.

5.Marketing Department

a. Bertanggung jawab terhadap perencanaan tahunan strategi-strategiperusahaan sejalan dengan target yang telah ditentukan perusahaan.

b. Menggerakkan organisasi pemasaran yang ada pada seluruh bagian dariorganisasi pemasaran.

c. Membuat anggaran promosi dan melaksanakan kegiatan promosi.

6. Sales Department

a. Menetapkan kebijaksanaan penjualan.

b. Menerima dan mengawasi semua pesanan.

c. Membuat catatan mengenai pesanan yang diterima dan mengikutipengiriman untuk dapat mengetahui pesanan yang belum dipenuhi.

d. Mengadakan hubungan dengan pelanggan.

e. Memperhatikan keadaan pasar dan perkembangan dari produk yang sejenis.

8.HRD Departement

a. Mengatur hal-hal yang berhubungan dengan perburuhan

b. Mengatur dan memelihara kesejahteraan para pegawai.

c. Melakukan penilaian terhadap prestasi karyawan sebagai dasar untukpromosi, mutasi, dan lainnya.

9. Research and Development Department

a. Bertanggung jawab atas hasil-hasil penelitian dan data-data.

b. Bertanggung jawab atas penggunaan anggaran riset yang telah ditetapkansecara efektif dan efisien.

Pembagian tugas dan wewenang dari masing-masing jabatan padamasingmasing departemen secara garis besar adalah sebagai berikut:

1. Director 

a. Bertanggung jawab atas kelangsungan hidup perusahaan dan menentukankebijakan perusahaan.

2. General Manager 

a. Bertanggung jawab atas kelangsungan hidup perusahaan dan menentukankebijaksanaan perusahaan.

b. Memberikan perintah kepada para manajer di bawahnya serta mengadakanpengawasan.

3. Production Department

a. Membuat order produksi, yaitu membuat campuran menurut perbandingantertentu antara bahan baku penolong untuk dijadikan adonan.

b. Bertanggung jawab terhadap produk yang dihasilkan.

c. Bertanggung jawab atas tersedianya bahan mentah dan bahan penolong yangdibutuhkan untuk proses produksi, maupun barang jadi yang sudah ada.

4. FAA Department

a. Bertanggung jawab atas seluruh sirkulasi keuangan di perusahaan

b. Membuat laporan keuangan perusahaan dan menyelenggarakan pencatatanyang terkoordinasi dan akurat terhadap semua transaksi perusahaan danmelakukan perhitungan yang mendukung

c. Melakukan kegiatan akuntansi dan pembukuan sebagai dasar pengambilankeputusan dan evaluasi pelaksanaan kebijaksanaan perusahaan.

5.Marketing Department

a. Bertanggung jawab terhadap perencanaan tahunan strategi-strategiperusahaan sejalan dengan target yang telah ditentukan perusahaan.

b. Menggerakkan organisasi pemasaran yang ada pada seluruh bagian dariorganisasi pemasaran.

c. Membuat anggaran promosi dan melaksanakan kegiatan promosi

6. Sales Department

a. Menetapkan kebijaksanaan penjualan.

b. Menerima dan mengawasi semua pesanan.

c. Membuat catatan mengenai pesanan yang diterima dan mengikutipengiriman untuk dapat mengetahui pesanan yang belum dipenuhi.

d. Mengadakan hubungan dengan pelanggan.

e. Memperhatikan keadaan pasar dan perkembangan dari produk yang sejenis.

8.HRD Departement

a. Mengatur hal-hal yang berhubungan dengan perburuhan

b. Mengatur dan memelihara kesejahteraan para pegawai.

c. Melakukan penilaian terhadap prestasi karyawan sebagai dasar untukpromosi, mutasi, dan lainnya.

9. Research and Development Department

a. Bertanggung jawab atas hasil-hasil penelitian dan data-data.

b. Bertanggung jawab atas penggunaan anggaran riset yang telah ditetapkansecara efektif dan efisien.

Tabel
Daftar Diskon Produk Kacang Jepang Mayasi

Unit dalam karton Diskon harga per karton
Unit dalam karton
Diskon harga per karton
%
1 -9
10-24
25-99
100keatas
Rp 300,-
Rp 800,-
Rp 1.000,-
Rp 1.200,-
0,75
2
2,5
3



Sumber: Data Intern PT. Manohara    Asri,Sidoarjo







Tabel
Kebijakan Penetapan Harga dari Distributor ke Grosir, Semi Grosir, dan Pengecer
Kacang Jepang Mayasi  Distributor 
* Kemasan plastik(a)30 gr Rp 475,-
*Kemasan plastik isi 5 @ 30 gr Rp 2.375,-

Sumber: Data Intern PT. Monohara Asri, Sidoarjo
c. Strategi Saluran Distribusi
Pada saluran distribusi ini PT. Manohara Asri tidak langsung melayani konsumenakhir tetapi melalui perantara yaitu: distibutor, pembeli dalam jumlah besar (grosir),semi grosir, dan pengecer.
Skema saluran distribusi perusahaan, yaitu:
PT. Manohara Asri → Distributor→ Grosir  Semi Grosir  Pengecer 
             →Semi Grosir→ Pengecer 
             →Pengecer 
Sumber: PT. Manohara Asri, SidoarjoPT. Manohara Asri memiliki distibutor khusus untuk produk-produknya dibeberapa kota, seperti:
- Surabaya
- Bandung
- Semarang
- Jakarta
- Bekasi
- Tangerang


Pada masing-masing kota terdapat 1 distibutor yaitu: PT. Manohara Asri. Dalamhal ini perusahaan memiliki keunggulan dengan menggunakan strategi distribusiintensif dengan mengusahakan penyebaran produk seluas mungkin dan denganmenggunakan banyak perantara yang dapat membantu penyebaran produkperusahaan.
Saluran distribusi yang dimiliki perusahaan ini memiliki keunggulan yaitumemudahkan perusahaan untuk mengendalikan arus produk hingga ke konsumenakhir, tetapi sistem ini membutuhkan investasi yang besar untuk usahapengawasannya Besarnya investasi yang dikeluarkan oleh perusahaan ini dirasakantelah menghasilkan peluang bagi perusahaan untuk usaha pemerataan penyebaranproduk ke seluruh daerah.
Distributor-distributor yang dimiliki perusahaan saat ini terdapat di daerah-daerahrawan terhadap kerusuhan, hal ini menjadi kekhawatiran perusahaan melihat situasidan masih tingginya tingkat resiko kerusuhan di dalam negeri akhir-akhir ini, hal inidapat mengancam kelancaran pendistribusian produk-produk perusahaan.

d. Strategi Promosi
Media promosi yang digunakan oleh PT. Manohara Asri dalam memasarkanproduk-produknya adalah sebagai berikut:
1) Media cetak: surat kabar, majalah, poster, stiker 
2) Media elektronik : televisi
3) Pembagian sampel-sampel
4) Membuka stand khusus
5) Mengikuti kegiatan pameran
Dalam melakukan kegiatan promosi PT. Manohara Asri menetapkan biayapromosi sebesai 5% dari penjualan yaitu mencapai kurang lebih 2 milyar rupiah per tahun. Biaya promosi yang dikeluarkan kebanyakan digunakan untuk pengiklanan dimedia elektronik yaitu televisi sebesar 50% dari
Budget .Periklanan yang dilakukanyaitu bersifat informatif advertising dan reminder advertising.Dua puluh prosen biayapromosi dikeluarkan untuk pembagian sampel-sampel, 20% untuk media cetak  dan10% untuk biaya promosi Iain-lain.

Sumber Link :
http://www.scribd.com/doc/57737386/Sejarah-Singkat-an-Pt-Manohara-Asri

PT.MANOHARA ASRI

TUGAS 1

 

SEJARAH PT. MANOHARA ASRI

PT. Manohara Asri didirikan pada tanggal 8 November 1995 oleh Bapak SinggihGunawan dan Bapak Soedomo Mergonoto di Kawasan Sepanjang Sidoarjo.Perusahaan ini merupakan anak perusahaan dari PT. Santos Jaya Abadi yang dirintisoleh Bapak Go Soe Lot. Status Kepemilikan perusahaan sejak berdiri sampaisekarang adalah perusahaan keluarga, dengan manajemen perusahaan yang dikelolasecara professional.PT. Santos Jaya Abadi yang pada mulanya masih merupakan industry rumahandengan memproduksi kopi, kemudian berkembang pesat menjadi industry besar.Sejalan dengan makin pesatnya industri kopi ini, menimbulkan keinginan BapakSinggih Gunawan dan Bapak Soedomo Mergonoto sebagai penerus bisnis keluargauntuk mengembangkan usaha di bidang snack atau makanan ringan. Baik BapakSinggih Gunawan maupun Bapak Soedomo Mergonoto melihat adanya peluang yangbaik dalam bisnis makanan ringan ini.

PT. Manohara Asri hingga saat ini telah meluncurkan dua merek untuk jenis snack yaitu Kenji dan Criux, dan satu merek untuk jenis Kacang Jepang yaitu Mayasi.Kacang Jepang Mayasi mulai diluncurkan pada bulan September 1997, dengan rasadan teknik produksi yang berbeda dari produk kacang dalam negeri lainya. Idepemasaran produk-produk ini diawali dari seringnya pimpinan perusahaan Ini mengunjungi Negara Jepang untuk mencari produk-produk yang belum ada diIndonesia untuk diproduksi dan disesuaikan dengan selera masyarakat.

 

STRUKTUR ORGANISASI

Peranan organisasi dalam suatu perusahaan mempunyai arti penting bagikelancaran kegiatan perusahaan dengan adanya pembagian tugas, wewenang, dantanggung jawab yang jelas dari para personil dalam perusahaan.PT. Manohara Asri memiliki 90 orang staff kantor dan 450 orang buruh harian.Pembagian tugas dan wewenang masing-masing bagian dapat dilihat dengan jelaspada struktur organisasi berikut ini :

Pembagian tugas dan wewenang dari masing-masing jabatan padamasingmasing departemen secara garis besar adalah sebagai berikut:

1. Director 

a. Bertanggung jawab atas kelangsungan hidup perusahaan dan menentukankebijakan perusahaan.

2. General Manager 

a. Bertanggung jawab atas kelangsungan hidup perusahaan dan menentukankebijaksanaan perusahaan.

b. Memberikan perintah kepada para manajer di bawahnya serta mengadakanpengawasan.

3. Production Department

a. Membuat order produksi, yaitu membuat campuran menurut perbandingantertentu antara bahan baku penolong untuk dijadikan adonan.

b. Bertanggung jawab terhadap produk yang dihasilkan.

c. Bertanggung jawab atas tersedianya bahan mentah dan bahan penolong yangdibutuhkan untuk proses produksi, maupun barang jadi yang sudah ada.

4. FAA Department

a. Bertanggung jawab atas seluruh sirkulasi keuangan di perusahaan

b. Membuat laporan keuangan perusahaan dan menyelenggarakan pencatatanyang terkoordinasi dan akurat terhadap semua transaksi perusahaan danmelakukan perhitungan yang mendukung

c. Melakukan kegiatan akuntansi dan pembukuan sebagai dasar pengambilankeputusan dan evaluasi pelaksanaan kebijaksanaan perusahaan.

5.Marketing Department

a. Bertanggung jawab terhadap perencanaan tahunan strategi-strategiperusahaan sejalan dengan target yang telah ditentukan perusahaan.

b. Menggerakkan organisasi pemasaran yang ada pada seluruh bagian dariorganisasi pemasaran.

c. Membuat anggaran promosi dan melaksanakan kegiatan promosi.

6. Sales Department

a. Menetapkan kebijaksanaan penjualan.

b. Menerima dan mengawasi semua pesanan.

c. Membuat catatan mengenai pesanan yang diterima dan mengikutipengiriman untuk dapat mengetahui pesanan yang belum dipenuhi.

d. Mengadakan hubungan dengan pelanggan.e. Memperhatikan keadaan pasar dan perkembangan dari produk yang sejenis.

8.HRD Departement

a. Mengatur hal-hal yang berhubungan dengan perburuhan

b. Mengatur dan memelihara kesejahteraan para pegawai.

c. Melakukan penilaian terhadap prestasi karyawan sebagai dasar untukpromosi, mutasi, dan lainnya.

9. Research and Development Department

a. Bertanggung jawab atas hasil-hasil penelitian dan data-data.

b. Bertanggung jawab atas penggunaan anggaran riset yang telah ditetapkansecara efektif dan efisien.

Pembagian tugas dan wewenang dari masing-masing jabatan padamasingmasing departemen secara garis besar adalah sebagai berikut:

1. Director 

a. Bertanggung jawab atas kelangsungan hidup perusahaan dan menentukankebijakan perusahaan.

2. General Manager 

a. Bertanggung jawab atas kelangsungan hidup perusahaan dan menentukankebijaksanaan perusahaan.

b. Memberikan perintah kepada para manajer di bawahnya serta mengadakanpengawasan.

3. Production Department

a. Membuat order produksi, yaitu membuat campuran menurut perbandingantertentu antara bahan baku penolong untuk dijadikan adonan.

b. Bertanggung jawab terhadap produk yang dihasilkan.

c. Bertanggung jawab atas tersedianya bahan mentah dan bahan penolong yangdibutuhkan untuk proses produksi, maupun barang jadi yang sudah ada.

4. FAA Department

a. Bertanggung jawab atas seluruh sirkulasi keuangan di perusahaan

b. Membuat laporan keuangan perusahaan dan menyelenggarakan pencatatanyang terkoordinasi dan akurat terhadap semua transaksi perusahaan danmelakukan perhitungan yang mendukung

c. Melakukan kegiatan akuntansi dan pembukuan sebagai dasar pengambilankeputusan dan evaluasi pelaksanaan kebijaksanaan perusahaan.

5.Marketing Department

a. Bertanggung jawab terhadap perencanaan tahunan strategi-strategiperusahaan sejalan dengan target yang telah ditentukan perusahaan.

b. Menggerakkan organisasi pemasaran yang ada pada seluruh bagian dariorganisasi pemasaran.

c. Membuat anggaran promosi dan melaksanakan kegiatan promosi.

6. Sales Department

a. Menetapkan kebijaksanaan penjualan.

b. Menerima dan mengawasi semua pesanan.

c. Membuat catatan mengenai pesanan yang diterima dan mengikutipengiriman untuk dapat mengetahui pesanan yang belum dipenuhi.

d. Mengadakan hubungan dengan pelanggan.

e. Memperhatikan keadaan pasar dan perkembangan dari produk yang sejenis.

8.HRD Departement

a. Mengatur hal-hal yang berhubungan dengan perburuhan

b. Mengatur dan memelihara kesejahteraan para pegawai.

c. Melakukan penilaian terhadap prestasi karyawan sebagai dasar untukpromosi, mutasi, dan lainnya.

9. Research and Development Department

a. Bertanggung jawab atas hasil-hasil penelitian dan data-data.

b. Bertanggung jawab atas penggunaan anggaran riset yang telah ditetapkansecara efektif dan efisien.

Pembagian tugas dan wewenang dari masing-masing jabatan padamasingmasing departemen secara garis besar adalah sebagai berikut:

1. Director 

a. Bertanggung jawab atas kelangsungan hidup perusahaan dan menentukankebijakan perusahaan.

2. General Manager 

a. Bertanggung jawab atas kelangsungan hidup perusahaan dan menentukankebijaksanaan perusahaan.

b. Memberikan perintah kepada para manajer di bawahnya serta mengadakanpengawasan.

3. Production Department

a. Membuat order produksi, yaitu membuat campuran menurut perbandingantertentu antara bahan baku penolong untuk dijadikan adonan.

b. Bertanggung jawab terhadap produk yang dihasilkan.

c. Bertanggung jawab atas tersedianya bahan mentah dan bahan penolong yangdibutuhkan untuk proses produksi, maupun barang jadi yang sudah ada.

4. FAA Department

a. Bertanggung jawab atas seluruh sirkulasi keuangan di perusahaan

b. Membuat laporan keuangan perusahaan dan menyelenggarakan pencatatanyang terkoordinasi dan akurat terhadap semua transaksi perusahaan danmelakukan perhitungan yang mendukung

c. Melakukan kegiatan akuntansi dan pembukuan sebagai dasar pengambilankeputusan dan evaluasi pelaksanaan kebijaksanaan perusahaan.

5.Marketing Department

a. Bertanggung jawab terhadap perencanaan tahunan strategi-strategiperusahaan sejalan dengan target yang telah ditentukan perusahaan.

b. Menggerakkan organisasi pemasaran yang ada pada seluruh bagian dariorganisasi pemasaran.

c. Membuat anggaran promosi dan melaksanakan kegiatan promosi

6. Sales Department

a. Menetapkan kebijaksanaan penjualan.

b. Menerima dan mengawasi semua pesanan.

c. Membuat catatan mengenai pesanan yang diterima dan mengikutipengiriman untuk dapat mengetahui pesanan yang belum dipenuhi.

d. Mengadakan hubungan dengan pelanggan.

e. Memperhatikan keadaan pasar dan perkembangan dari produk yang sejenis.

8.HRD Departement

a. Mengatur hal-hal yang berhubungan dengan perburuhan

b. Mengatur dan memelihara kesejahteraan para pegawai.

c. Melakukan penilaian terhadap prestasi karyawan sebagai dasar untukpromosi, mutasi, dan lainnya.

9. Research and Development Department

a. Bertanggung jawab atas hasil-hasil penelitian dan data-data.

b. Bertanggung jawab atas penggunaan anggaran riset yang telah ditetapkansecara efektif dan efisien.

Tabel
Daftar Diskon Produk Kacang Jepang Mayasi

Unit dalam karton Diskon harga per karton
Unit dalam karton
Diskon harga per karton
%
1 -9
10-24
25-99
100keatas
Rp 300,-
Rp 800,-
Rp 1.000,-
Rp 1.200,-
0,75
2
2,5
3



Sumber: Data Intern PT. Manohara    Asri,Sidoarjo







Tabel
Kebijakan Penetapan Harga dari Distributor ke Grosir, Semi Grosir, dan Pengecer
Kacang Jepang Mayasi  Distributor 
* Kemasan plastik(a)30 gr Rp 475,-
*Kemasan plastik isi 5 @ 30 gr Rp 2.375,-

Sumber: Data Intern PT. Monohara Asri, Sidoarjo
c. Strategi Saluran Distribusi
Pada saluran distribusi ini PT. Manohara Asri tidak langsung melayani konsumenakhir tetapi melalui perantara yaitu: distibutor, pembeli dalam jumlah besar (grosir),semi grosir, dan pengecer.
Skema saluran distribusi perusahaan, yaitu:
PT. Manohara Asri → Distributor→ Grosir  Semi Grosir  Pengecer 
             →Semi Grosir→ Pengecer 
             →Pengecer 
Sumber: PT. Manohara Asri, SidoarjoPT. Manohara Asri memiliki distibutor khusus untuk produk-produknya dibeberapa kota, seperti:
- Surabaya
- Bandung
- Semarang
- Jakarta
- Bekasi
- Tangerang


Pada masing-masing kota terdapat 1 distibutor yaitu: PT. Manohara Asri. Dalamhal ini perusahaan memiliki keunggulan dengan menggunakan strategi distribusiintensif dengan mengusahakan penyebaran produk seluas mungkin dan denganmenggunakan banyak perantara yang dapat membantu penyebaran produkperusahaan.
Saluran distribusi yang dimiliki perusahaan ini memiliki keunggulan yaitumemudahkan perusahaan untuk mengendalikan arus produk hingga ke konsumenakhir, tetapi sistem ini membutuhkan investasi yang besar untuk usahapengawasannya Besarnya investasi yang dikeluarkan oleh perusahaan ini dirasakantelah menghasilkan peluang bagi perusahaan untuk usaha pemerataan penyebaranproduk ke seluruh daerah.
Distributor-distributor yang dimiliki perusahaan saat ini terdapat di daerah-daerahrawan terhadap kerusuhan, hal ini menjadi kekhawatiran perusahaan melihat situasidan masih tingginya tingkat resiko kerusuhan di dalam negeri akhir-akhir ini, hal inidapat mengancam kelancaran pendistribusian produk-produk perusahaan.

d. Strategi Promosi
Media promosi yang digunakan oleh PT. Manohara Asri dalam memasarkanproduk-produknya adalah sebagai berikut:
1) Media cetak: surat kabar, majalah, poster, stiker 
2) Media elektronik : televisi
3) Pembagian sampel-sampel
4) Membuka stand khusus
5) Mengikuti kegiatan pameran
Dalam melakukan kegiatan promosi PT. Manohara Asri menetapkan biayapromosi sebesai 5% dari penjualan yaitu mencapai kurang lebih 2 milyar rupiah per tahun. Biaya promosi yang dikeluarkan kebanyakan digunakan untuk pengiklanan dimedia elektronik yaitu televisi sebesar 50% dari
Budget .Periklanan yang dilakukanyaitu bersifat informatif advertising dan reminder advertising.Dua puluh prosen biayapromosi dikeluarkan untuk pembagian sampel-sampel, 20% untuk media cetak  dan10% untuk biaya promosi Iain-lain.

Sumber Link :
http://www.scribd.com/doc/57737386/Sejarah-Singkat-an-Pt-Manohara-Asri